Review Bangunan Khan Shatyr



 https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/CGC-az4/central-asia-kazakhstan-astana-night-view-over-khan-shatyr-entertainment-center_v1nodco__F0000.png


Khan Shatyr adalah bangunan yang terletak pada Astana, Khazakstan, dan bangunan tersebut memiliki fungsi antara lain sebagai tempat rekreasi dalam ruangan/indoor, pusat komersial, dan resort. Di sekeliling bangunan tersebut juga terdapat taman skala kota yang sangat luas. Khan Shatyr memiliki total area 123,000m² dan site area 200,000m² dan dibangun pada tahun 2006 oleh Foster Partner dan di resmikan pada tahun 2009. Bangunan tersebut memiliki 5 lantai didalamtnya, dan bangunan tersebut dibagi dari dua bagian yaitu bagian bawah dan atas.
Bagian bawah bangunan yang memiliki bentuk elips dan memanjang kearah blakang dan berdiameter 200 m. dan memiliki luas lantai dasar 100.000m dan di dalamnya terdapat lampu sorot berwarna warni yang mengarah ke atas bangunan tersebut. Dan bagian atas bangunan terdiri dari membran transparan dan membran tersebut ditopang oleh struktur jaringan kabel.
Bangunan dengan tinggi 150m tersebut memiliki tiang-tiang penyangga yang berbentuk seperti tripod besar yang berada tepat ditengah bangunan tersebut.
Jika dilihat dari konsep dan prinsip desain yang saya pelajari, saya akan memberikan kritik pribadi saya tentang bangunan tersebut dari sisi prinsip desain.

TEMA
            Menurut saya tema yang digunakan dalam bangunan ini adalah minimalis modern arsitektur yang terlihat dari bentuk dan warna yang dominan putih dan terlihat simple.

Ide Dasar
            Menurut saya ide dasar yang digunakan dalam bangunan ini antara lain bentuk segitiga yang sangat terlihat lebih dominan di bangunan tersebut, dan persegi panjang sebagai struktur krangka penguatnya.
Representasi
            Ide bentuk yang digunakan dalam bangunan ini adalah tenda, dan bangunan tersebut juga bdisebut sebagai tenda terbesar didunia.
Irama
            Irama bangunan tersebut adalah dinamis karena bentuk dari bangunan tersebut tidak kaku dan tidak bersudut.
Skala
            Skala dari bangunan ini adalah monumental.
Vocal Point
            vocal point dari bangunan tersebut menurut saya berada pada bagian atas bangunan karena dibagian atas bangunan terdapat lampu sorot berwarna warni yang akan terlihat ketika menyala karna bagian atas bangunan terbuat dari membran transparan.

Comments

Popular posts from this blog

PENYEBARAN ISLAM DI NUSANTARA

HUBUNGAN ANTARA HUKUM DAN PRANATA PEMBANGUNAN